Facebook Twitter RSS

0
BELAJAR MEMBUAT OBJEK 3D DENGAN COREL DRAW X4

1.       Sebagai langkah awal, agar mudah gambarlah bagian-bagian masing-masing terlebih dahulu seperti gbr di bawah ini untuk kemudian nantinya akan kita satukan menjadi 1 image. Kemudian diberi material sesuai keinginan.

Sebagai contoh Caranya :

Buatlah gambar awal dengan membuat kotak dengan mengunakan Rectangle Tool atau dengan menekan F6 di keybord kemudian klik dan drag mouse di layar kerja. Besarnya sisesuaikan aja kemudian beri warna sembarang seperti gbr (1) berikut ini.

(3)

 

(2)

 

(1)

 
 

 

2.       Langkah selanjutnya adalah membentuk gbr tersebut menjadi sebuah gbr lengkung caranya :

Pastikan gbr terseleksi kemudian Tekan F10 di keybord untuk mengaktifkan Shape Tool, selanjutnya tekan tombol Convert to curves (Ctrl+Q) (gbr 2), selanjutnya klik salah satu garis  1x sehingga muncul tanda *(lihat gbr 3), kemudian klik tombol Convert line to curve (gbr 4)

(6)

 

(5)

 

(4)

 
  

 

Berikutnya gbr akan berubah seperti (gbr 5) klik tanda panah masing-masing dan seret ke arah kira-kira seperti (gbr 6).

3.       Berikutnya, dengan cara yang sama bentuklah garis di bawahnya dengan cara yang sama sehingga gbr akan berubah seperti (gbr 7)

(9)

 

(8)

 
Text Box: Rotate

(7)

 
 

 

4.       Selanjutnya, untuk sementara lepaskan seleksi Shape Tool dengan klik tombol Pick Tool kemudian klik gbr 1x sehingga seleksi gbr berubah seperti gbr (8). Selanjutnya letakkan cursor di salah satu tanda panah rotate dan putarlah objek secara manual dengan cara klik dan seret sehingga hasilnya seperti gbr (9).

 

 

 

 

5.       Langkah berikutnya adalah, silahkan buat masing-masing gbr seperti berikut ini dan bentuklah dengan cara yang sama seperti langkah 1 – 5 diatas.

(14)

 

(13)

 

(12)

 

(11)

 

(10)

 
                                        

 

6.       Selanjutnya atur posisi masing-masing sehingga saling tumpang tindih gbr seperti gbr (14)

7.       Berikutnya blok semua gbr tersebut dengan cara lepaskan dulu salah satu seleksi dengan klik sembarang di layar kosong kemudian tekan (Ctrl+A) di keybord, maka semua gbr akan terseleksi. Selanjutnya klik tombol Weld (lihat gbr 15) maka semua gbr akan menyatu dan hasilnya seperti gbr (16).

(18)

 

(17)

 

(16)

 

(15)

 
                   

 

8.       Langkah berikutnya adalah membuat gbr tersebut menjadi bentuk 3 dimensi dengan fasilitas Extrude. Caranya klik gbr kemudian klik dan tahan tombol Interactive blend tool ( lihat gbr 17) kemudian klik pada pilihan extrude selanjutnya klik di tengah2 gbr dan seret ke arah belakang sehingga hasilnya kira2 seperti gbr (18). Klik tanda silang dan seret untuk mengeditnya. Setelah itu klik sembarang untuk melepskan seleksi.

9.       Jika sudah sekarang kita akan memberi material, klik gbr kemudian klik dan tahan tombol Fill kemudian klik pada pilihan Pattern Fill (gbr 19) kemudian pada muncul pengaturannya seperti gbr (20) klik pada pilihan Bitmap dan klik pada salah satu pilihan fillnya. Jika sudah hasilnya seperti gbr (21)

(21)

 

(20)

 

(19)

 
       

 

10.   Langkah berikutnya adalah klik sembarang untuk melepaskan seleksi.

11.   Selanjutnya klik kembali gbr permukaan depan selanjutnya tekan (Ctrl+C) untuk copy dan (Ctrl+V) untuk Paste. Dengan demikian permukaan depan gbr akan digandakan.

12.   Selanjutnya beri warna lain dengan tombol Fill dan Pattern Fill seperti langkah 9 diatas maka hasilnya seperti gbr (22).

(22)

 
        

  

Nah selesai sudah, semoga bermanfaat.

 

0 komentar: — Skip to Comment.

Posting Komentar — or Back to Content

 

Total Tayangan Halaman

sitemeter

Popular Posts

Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI)

Lowongan Kerja Terbaru

Top comments

Followers list